Sabtu, 25 Juni 2016

Bagaimana cara memilih dan membeli akuarium

TIPS MEMILIH AKUARIUM

1.      Sesuaikan dengan anggaran dan ruang yang tersedia

Akuarium adalah bagian penting dari peralatan untuk memelihara ikan karena merupakan rumah untuk ikan. Siapa pun yang akan memulai memelihara ikan pasti akan bingung untuk memilih karena akuarium sendiri mempunyai banyak variasi dari bentuk maupun gaya. Anggaran dan ruang yang tersedia menjadi pertimbangan lain untuk menentukan jenis akuarium. Tetapi, kenyamanan adalah pertimbangan utama dalam menentukan pilihan. Jangan pernah memilih akuarium hanya karena terlihat bagus tanpa memperhatikan faktor lainnya.

2.      Semakin besar akuarium semakin baik

Untuk ikan, ruang hidup di akuarium adalah yang paling penting, karena kepadatan ikan di akuarium jauh lebih besar daripada di habitat perairan alami. Akibatnya, memilih akuarium terbesar yang mampu dibeli dan ruang yang memungkinkan adalah yang terbaik. Akuarium kecil yang awalnya lebih murah untuk dibeli, tetapi tidak selalu apapun lebih murah dapat bertahan dalam jangka panjang.

3.      Sesuaikan dengan jenis, ukuran dan jumlah ikan

Sebelum membeli akuarium, perlu diperhatikan tentang jenis dan jumlah ikan yang ingin dipelihara dan ukuran ketika ikan sudah dewasa. Faktor kunci dalam menilai kepadatan tebar yang benar dari akuarium adalah luas permukaan, karena di sini pada antarmuka air-udara yang terjadi pertukaran gas. Semakin besar luas permukaan, oksigen terlarut akan lebih banyak ada di dalam air, dan lebih banyak ikan yang dapat dipelihara di akuarium dengan nyaman.

MEMBELI DAN MEMINDAHKAN AKUARIUM

akuarium yang lebih besar harus dibuat dari kaca tebal. Akuarium dengan panjang lebih dari sekitar 24 in (60 cm) membutuhkan spacer bar untuk memperkuat struktur. Pastikan bahwa tepi spacer bar tidak kasar, jika tidak maka dapat melukai tangan.


Periksa sambungan antara panel kaca untuk memastikan bahwa semua bagian telah tertutupi lem silikon. Jika ada yang tidak tertutupi lem, akuarium kemungkinan bocor. Jangan mencoba untuk memotong setiap bagian silikon yang tampak berlebih, karena ini mungkin akan melemahkan sambungan. Kelebihan lem mungkin terlihat jelek, tapi itu akan tertutup apabila telah ditambahkan substrat dasar.


Periksa setiap pojokan karena merupakan bagian yang paling rentan mengalami kerusakan. apabila pojokan mengalami kerusakan maka tekanan yang dapat diterima akuarium menjadi rendah dan dapat berpotensi pecah apabila diisi dengan air.

Hati-hati saat memindahkan akuarium, karena akuarium berat. Gunakan styrofoam untuk mengamankan setiap sudut. Saat membawa akuarium, selalu memegangnya dari bawah, berapapun  ukurannya. Letakkan akuarium pada karpet atau bahan lembut serupa di dalam mobil untuk mencegah agar tidak tergores, dan pastikan bahwa akuarium tidak akan bergeser saat dibawa.

0 komentar:

Posting Komentar