Selasa, 28 Juni 2016

memilih pakan untuk ikan

Untuk menambah nutrisi pakan komersial kadang perlu ditambahkan suplemen seperti pakan segar dan pakan hidup. Pakan beku atau pakan kering biasanya kurang palatable (menarik) untuk ikan karena kandungan airnya yang rendah dan bau amisnya hilang. Beberapa jenis pakan hidup dapat dibudidayakan sendiri di rumah dengan menggunakan bak-bak kecil. Wadah air yang ada di luar ruangan saat musim kering akan memancing nyamuk untuk berkembang biak dan larvanya dapat diambil untuk pakan. Dalam pemilihan pakan harus memperhatikan kebiasaan makan ikan. Misalnya untuk ikan yang suka makan dibawah cenderung tidak akan makan pakan yang terapung. Ukuran pakan juga harus disesuaikan dengan bukan mulut ikan.

PAKAN BUATAN

Pelet
Pelet bagus digunakan untuk ikan dengan ukuran besar yang dapat langsung menelan pakan jenis ini. Pakan ini ada yang mengapung dan tenggelam dan dapat disesuaikan dengan kebiasaan makan ikan.

Granule
Pakan jenis ini lebih padat daripada pelet dan dapat tenggelam dengan cepat di akuarium sehingga pakan ini lebih cocok untuk ikan yang kebiasaan makannya di dasar akuarium.
Flake
Flake atau remah lembaran adalah pakan ikan yang berbentuk lembaran yang kemudian dihancurkan. Pakan ini mengapung di permukaan air dan cocok untuk ikan yang suka makan di permukaan. Pakan jenis ini juga dapat dihancurkan dan cocok untuk pakan larva.

Tablet
Pakan jenis ini cocok untuk makanan ikan yang suka bergerombol. Ukuran pakan ini terlalu besar untuk ditelan utuh sehingga diperlukan waktu untuk memakan semuanya.

PAKAN ALAMI

Artemia
Pakan jenis ini disebut juga sebagai brine shrimp. Biasanya digunakan untuk pakan larva ikan yang dapat ditetaskan sendiri di rumah. Pakan ini mempunyai beberapa fase hidup dan yang digunakan untuk pakan adalah saat fase nauplii.

Daphnia
Biasa dikenal dengan nama kutu air. Pakan ini dapat digunakan untuk meningkatkan warna pada ikan. Termasuk dalam keluarga krustasea dan dapat berkembang biak secara partenogenesis (tanpa pembuahan sel telur). Pakan ini mudah dikembangbiakkan selama nutrisinya cukup.

Cacing sutra
Pakan dikenal juga dengan nama cacing darah karena warna tubuhnya merah seperti darah. Biasa hidup di daerah yang memiliki kandungan bahan organik tinggi. Pakan ini sangat disukai terutama untuk ikan kecil.

Jentik nyamuk
Sangat disukai untuk ikan yang kebiasaan makannya berada di permukaan air. Pakan jenis ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan dapat menstimulasi beberapa ikan untuk bereproduksi. Hati-hati dalam menyimpan pakan jenis ini karena dapat dengan cepat berubah menjadi nyamuk.

PAKAN SEGAR

Wortel
Dapat digunakan sebagai suplemen peningkat warna sebelum adanya pakan komersial yang menggunakan Colo enhancher. Pakan jenis ini mengandung banyak serat dan mungkin tidak semua ikan dapat mencernanya.

Potongan timun
Pakan jenis ini sangat cocok untuk menambah vitamin pada ikan jenis catfish dan beberapa chiclidae.

Kacang polong
Baik dalam bentuk segar maupun dari kulkas yang sudah di thawing (dicairkan) sangat bagus untuk menambah suplemen pada ikan yang suka makan di dasar. Hindari kacang hijau kaleng yang sudah ditambah garam.

Jantung sapi
Dapat digunakan sebagai pakan tambahan untuk ikan karnivora sebagai sumber protein hewani  tetapi jumlahnya harus dibatasi karena dapat mencemari air. Sebaiknya dipisahkan dari lemaknya karena dapat mengakibatkan ikan mengalami obesitas.

1 komentar: